Mau Kucing Kamu Sehat dan Panjang Umur? Yuk Steril Kucing Kamu.

Gaya Hidup  
Foto: Good Free Photos
Foto: Good Free Photos

Ramenten, Jakarta -- Salah satu cara yang bisa dilakukan pemilik kucing untuk mengontrol populasi adalah dengan sterilisasi. Namun masih banyak yang awam mengenai manfaat steril, selain memutus reproduksi kucing, sterilisasi juga bermanfaat untuk kesehatan kucing. Hal ini dipaparkan oleh drh Ari Nila saat live instagram bersama Catijah, Sabtu, (12/3/2022).

"Kucing yang sudah disterilisasi dapat memperpanjang usia dan mengurangi tingkat risiko infeksi rahim dan payudara untuk kucing betina," ujarnya. Sedangkan untuk kucing jantan yang sudah disterilisasi akan jarang keluar rumah, lebih tenang dan ketika bertemu pejantan lain tidak agresif.

drh Ari juga menyampaikan bahwa baik kucing betina maupun jantan sudah bisa disteril pada usia 4 bulan atau untuk kucing jantan terlihat bahwa kantung testisnya sudah turun. Selain itu, sebelum dilakukan sterilisasi, kucing harus diperiksa kesehatannya antara lain sudah divaksinasi karena hal tersebut untuk menjaga kekebalan tubuh kucing khususnya masa recovery pasca steril.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jadi sebelum mensteril kucing, Konco Ramenten juga harus memerhatikan kondisinya ya. Kucing yang sehat, bugar, dan tidak memiliki penyakit bawaan akan memudahkan selama proses sterilisasi hingga proses recovery-nya.

Di samping itu, apabila konco sudah siap mengebiri kucing, siapkan juga dananya ya! Konco bisa lakukan steril kucing di beberapa Vet terdekat dari tempat tinggal konco Ramenten. Bagi konco yang tinggal di Rembang, Jawa Tengah bisa datang ke Vet milik drh Ari di Defsmile Pet Clinic, untuk kucing jantan mulai dari Rp700 ribu, dan kucing betina mulai dari Rp1 juta. Bulan Maret ini sedang ada promo steril kucing ras di Defsmile Pet Clinic, informasi lebih lanjut bisa ke instagram @defsmile.vetclinic.

Sing Nulis: Mbak Dian dan Mbak Tania

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image