Guru Agama yang Siram Kucing dengan Air Panas, Dihujat Warganet

Video Viral  
Ilustrasi Cat Abuse. Foto: Petplace.com
Ilustrasi Cat Abuse. Foto: Petplace.com

Ramenten, Bogor - Kekerasan terhadap hewan terjadi lagi. Kali ini pelakunya adalah seorang guru agama. Hal ini diungkap oleh pemilik kucing bernama Rio di akun instagram miliknya (26/1). Ia menceritakan bahwa kucingnya mengalami luka parah akibat disiram air panas oleh tetangganya. Dilihatkan kondisi kucing yang diberi nama Robin ini kulitnya terkelupas dan demam akibat luka bakar.

"Seorang guru agama, seseorang dengan profesi yang mulia, dengan teganya menyiramkan air panas terhadap kucing kami dengan alasan menyiram najis," tulis @rionaldirb. (Baca https://www.republika.co.id/berita/r6alze377/beredar-rekaman-kucing-disiram-air-panas-pemilik-lapor-polisi)

Ketika ditanya motif menyiram kucing dengan air panas, pelaku menjawab karena najis. Si pemilik tidak terima atas perbuatan buruknya itu dan melaporkan kasus ini ke kepolisian pada 26 November 2021.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kejadian ini menimbulkan reaksi warganet. Ada dua catatan yang jadi perhatian warganet. Yang pertama, pelaku adalah guru agama. Seorang guru agama, mestinya lebih faham tentang perintah dan larangan terhadap hewan. Guru adalah teladan murid. Banyak warganet yang geram dan menuliskan kekesalan terhadap perbuatannya. Salah seorang warganet menuliskan komentar, "Jahatnya! Guru agama tapi gak paham agama".

Semua agama mengajarkan kasih sayang sesama makhluk ciptaan Tuhan. Ada balasan dan hukuman yang diterima. Dan hukuman mereka yang menyakiti hewan adalah siksa neraka. Sebaliknya, ada ganjaran pahala bagi yang menyayangi hewan.

Catatan kedua, pelaku mengaku menyiramkan air panas terhadap kucing kami dengan alasan menyiram najis. Warganet bingung dengan pelaku yang tidak bisa membedakan najis. Seorang warganet berkomentar, "Guru agama tapi tidak tahu kalau air liurnya, bulu kucing itu tidak najis".

Dalam sebuah hadis, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Kucing itu tidak najis. Kucing itu termasuk hewan yang ada di sekeliling kalian.” (HR Nasai)

Warganet menilai cara yang dilakukan pelaku mengusir kucing dengan air panas itu salah. Ada cara yang cukup ampuh ketika ingin mengusir kucing dari rumah kita. Salah satunya menyiramnya dengan air dingin. Hal itu tidak membuat kucing tersakiti, dan tentu si kucing akan pergi karena takut air.

Setiap orang pasti pernah khilaf. Semoga ini menjadi catatan supaya tidak mengikuti hawa nafsu saat terlintas hasrat menyakiti hewan agar kita tidak menyesal kelak.

Sing nulis, Mbak Dian Alfiah

Berita Terkait

Image

Terekam CCTV Aksi Pria Buang Anak Kucing dan Induknya di Pinggir Jalan

Image

Diduga Adopsi Anak Kucing untuk Pakan Ular, Seorang Pengguna Facebook Dihujat Pecinta Kucing

Image

Video Polisi Bantu Kucing Seberang Jalan, Banjir Pujian

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image