Manfaat Madu untuk Kucing

Gaya Hidup  
Foto: Organicfacts.net
Foto: Organicfacts.net

Ramenten, Jakarta - Madu tidak hanya baik dikonsumsi oleh manusia. Madu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh hewan kesayangan kita lo!


Apalagi di musim hujan, saat daya tahan tubuh mulai menurun, memberikan madu dapat membantu meningkatkan metabolisme kucing dan menambah nafsu makan.


Dr Zaidul Akbar dalam bukunya, Jurus Sehat Rasulullah menuliskan bahwa madu adalah Syifa atau penyembuh. Karena Allah telah berfirman dalam QS An Nahl ayat 69 sebagai berikut:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Foto: quran-id
Foto: quran-id

Tapi tidak semua madu boleh diberikan untuk kucing. Salah satu dokter hewan di Amore Animal Clinic mengatakan hanya madu murni (raw) tanpa bahan pemanis buatan dan kandungan lain yang boleh kamu berikan untuk hewan. Karena madu yang tidak murni mengandung gula, dan gula itu tidak baik untuk tubuh hewan. Di Amore Animal Clinic ini juga menjual madu raw berukuran 30 gram seharga Rp12.000. Madu dengan stiker bergambar kucing dan anjing ini juga bisa kamu dapatkan di instagram @catijah_store

Foto: instagram @catijah_store
Foto: instagram @catijah_store

Cara mengetahui madu murni

Ada cara mudah membedakan madu raw dan madu tidak murni. Salah satunya dengan dibakar. Caranya, bakar satu sendok madu pada api lilin. Jika tidak terjadi karamelisasi (madu menggosong), maka madu tersebut adalah madu murni dan aman untuk dikonsumsi kucing kesayanganmu.

Kandungan gizi yang tinggi dan bermanfaat pada madu raw dapat meningkatkan sistem kekebalan jika diminum secara teratur. Madu murni sendiri adalah madu yang belum disaring, dipanaskan, dan dipasteurisasi.

Kandungan Madu

Dikutip dari Halodoc, Madu murni kaya akan antioksidan, flavonoid, asam fenolat, asam amino, enzim, vitamin, dan mineral. Vitamin yang terdapat dalam madu antara lain vitamin A, E, B1, B2, B3, B5, dan B6. Selain vitamin, madu juga kaya mineral seperti zat besi, seng, magnesium, kalsium, selenium, potasium, dan fosfor.

Dengan unsur baik tersebut menjadikan madu sebagai super food yang alami untuk imun sistem, antibodi, dan antibiotik guna melindungi tubuh kita dari bakteri dan virus.

Berikut cara mengonsumsi madu untuk kucing:

- Untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah flu dan batuk, berikan 1/2 sendok teh madu raw 2-3 kali seminggu. Bisa diberikan langsung (menggunakan suntikan tanpa jarum) atau bisa dicampurkan ke makanannya.

- Untuk memulihkan kesehatan kucing yang sakit, dapat dicampur ke obat. Caranya obat dokter diaduk dengan satu sendok teh madu, lalu diminumkan ke kucing. Menambah madu dapat menghilangkan rasa pahit pada obat.

- Untuk mengobati luka yang terinfeksi, kamu bisa mengobati luka luar dengan mengoleskan madu pada luka dan ditutup dengan kasa steril.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum memberikan madu adalah tidak semua kucing cocok diberikan madu. Hal ini karena respon tubuh setiap kucing tidaklah sama. Jika kucing kamu mengalami mencret / diare / muntah setelah diberikan madu, maka pemberian madu bisa dihentikan. Konsultasikan dengan dokter hewan jika perlu.

Diolah dari pelbagai sumber.

(Sing nulis, Mbak Dian Alfiah)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image