Wisata Botani Kawasan Santri di Pinggiran Ibukota

Wisata  
Foto: Dok. Pribadi
Foto: Dok. Pribadi

Ramenten, Tangsel -- Jika konco ramenten senang berwisata luar ruang, mungkin tempat wisata yang satu ini bisa dijadikan rujukan berakhir pekan untuk keluarga Anda. Bertempat di kawasan South City, Pondokcabe, tempat ini menawarkan sejumlah fasilitas menarik yang layak dikunjungi untuk melepas penat di akhir pekan sekaligus ajang bermain bagi anak-anak.

Foto: Dok. Pribadi
Foto: Dok. Pribadi

Halaman Tujuh, adalah sebuah kedai yang memiliki fasilitas taman bermain untuk anak cukup lengkap. Terdapat area ayunan, perosotan dan area ketangkasan luar ruang untuk anak-anak yang cukup menantang. Area seluas 8000m2 ini memiliki kebun, perpustakaan dan tempat duduk untuk beristirahat dilengkapi dengan tempat penjualan tanaman hias untuk memanjakan mata pengunjung.

Konsep awalnya, Halaman Tujuh adalah proyek gotong-royong keluarga untuk memanfaatkan lahan yang menganggur di kawasan Pesantren Bayt Al-Quran yang didirikan oleh M. Quraish Shihab untuk membuka plant shop yang menjual tanaman hias dan buah. Selain itu, di tengah pandemi COVID-19, rencananya lahan tersebut juga bisa dijadikan sebagai kebun sayur untuk membantu konsumsi harian para santri kelak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Foto: Dok Halaman Tujuh dan Pribadi
Foto: Dok Halaman Tujuh dan Pribadi

Halaman Tujuh lokasinya memang berdampingan persis dengan masjid dan Pesantren Bayt Al-Quran. Saat kami datang berkunjung, memang terlihat beberapa santri sedang terlihat santai sembari menghapal Al-Quran yang digenggam di tangannya. Saat ini seiring berjalannya waktu, ide-ide terus berkembang di antara pihak keluarga yang lain. Proses gotong-royong terus dilakukan atas inisiatif dengan bertambahnya kandang kelinci, kolam ikan dan ayunan untuk dimainkan keluarga mereka yang masih kecil.

Halaman Tujuh dikelola secara kolektif oleh keluarga dan santri. Sebagian profit digunakan untuk proyek sosial termasuk operasional masjid dan pesantren. Bahkan sebagian pengurus dan staf harian selain keluarga adalah santri dan warga sekitar.

Di saat pandemi seperti sekarang (ditulis saat varian Omicron meluas, red), berdasarkan info dari sosial media resmi Halaman Tujuh, untuk hari biasa (weekdays) Senin sampai Jumat, Halaman Tujuh buka mulai pukul 06.30 – 16.00 WIB. Pengunjung wajib reservasi H-2 dan dibatasi maksimal selama empat jam. Dengan biaya Rp75.000 per tikar ditambah Rp50.000 untuk maintenance fee, konco ramenten dan keluarga bisa membawa makan sendiri dari rumah. Oh ya, ini sudah dapat makanan ikan dan kelinci untuk anak-anak saat main.

Foto: Dok Halaman Tujuh dan Pribadi
Foto: Dok Halaman Tujuh dan Pribadi

Di saat akhir pekan (weekend), Halaman Tujuh buka juga mulai pukul 06.30 – 16.00 WIB. Konco bisa main dan makan bersama keluarga dengan membeli di lokasi. Namun, konco juga harus melakukan reservasi H-2 sebelumnya. Untuk informasi lebih jelasnya, konco bisa membuka akun Instagram resmi mereka di @halamantujuh.id.

Bagi konco yang bertempat tinggal di sekitaran Pondokcabe, tidak sulit pastinya menemukan tempat ini karena berada di pinggir jalan. Selain kondisinya bersih, tempat wisata ini juga sejuk karena diisi dengan banyak tanaman. Cocok untuk quality time bersama keluarga, sambil menikmati makanan dengan gelaran tikar di kebun Halaman Tujuh.

Sing Nulis: Mbak Tania

Berita Terkait

Image

Mengintip Pulau Terpadat di Timur Indonesia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image