Melihat Kemeriahan Perayaan Imlek Berbagai Negara di Asia Tenggara Part 2

Gaya Hidup  
Ilustrasi (pixabay.com/bongbabyhousevn)
Ilustrasi (pixabay.com/bongbabyhousevn)

Masih dengan perayaan Imlek dari berbagai negara di Asia Tenggara, berikut tradisi Imlek yang berhasil Ramenten himpun

Vietnam

Foto: pixabay.com/dannyphoto14
Foto: pixabay.com/dannyphoto14

Perayaan Imlek di Vietnam disebut dengan nama Tet. Hal unik dari perayaan Imlek di sini adalah tamu pertama yang dijamu akan menentukan keberuntungan si pemilik rumah satu tahun kedepan. Oleh karena itu, ketika perayaan Imlek dimulai, keturunan Tionghoa asal Vietnam ini akan mengundang orang yang dianggap baik sebagai tamu pertama mereka.

Makanan yang biasa dihidangkan ketika perayaan Imlek di sini adalah Zongzi, nasi ketan bulat berbentuk persegi yang dibungkus dengan daun atau bambu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Thailand

Foto: pixabay.com/standpoint
Foto: pixabay.com/standpoint

Orang-orang Thailand merayakan Imlek dengan cara membersihkan rumah mereka, memberi hormat kepada leluhur, dan memberikan angpao ketika Imlek tiba. Ada pula acara Festival Musim semi yang biasa diselenggarakan oleh komunitas Thai-Cina. Biasanya ada kunjungan ke kuil, petasan, banyak makanan ketika Festival ini berlangsung.

Di akhir acara Festival Musim Semi, ada lentera berbagai bentuk dan warna yang menghiasi rumah penduduk. Acara ini biasa disebut Festival Lentera yang melambangkan harapan dan keberuntungan di tahun baru.

Kamboja

Foto: pixabay.com/cegoh
Foto: pixabay.com/cegoh

Pertunjukan kembang api yang meriah mewarnai perayaan Imlek di Kamboja. Selain itu, Konco juga dapat melihat tarian naga atau singa dengan diiringi lagu khas china saat Imlek berlangsung.

Laos

Foto: pixabay.com/loilamtan
Foto: pixabay.com/loilamtan

Sama seperti di Vietnam, Hari Imlek di Laos juga dikenal dengan nama Tet. Pesta kembang api dan tarian naga liong disepajang jalan mewarnai perayaan Imlek di sini. Biasanya, akan ada banyak makanan gratis dari warga sekitar yang menambah kemeriahan acara ini.

Myanmar

Foto: pixabay.com/dustin_do
Foto: pixabay.com/dustin_do

Pemandangan penuh dengan hiasan lampion di sepanjang jalan akan terlihat ketika Imlek tiba di Myanmar. Keturuan Tionghoa di sini akan sibuk membersihkan serta menghias klenteng sehari sebelum hari Imlek. Makanan khas yang disajikan ketika Imlek di sini adalah mie, kwaci, dan lobak.

Timor Leste

Berbeda dengan negara asia tenggara lainnya, perayaan Imlek di Timor Leste tidak didominasi oleh warna merah pada umumnya. Etnis Tionghoa di sini akan sembahyang menggunakan busana adat berupa kain tenun tradisional. Menu khas Imlek yang biasa disajikan di sini berupa teh, atau anggur. Juga ada masakan babi, daging ayam, ikan, sayur, buah, serta tebu, jahe dan sirih pinang.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Sing nulis: Mbak Asty Sopian

Berita Terkait

Image

Melihat Kemeriahan Perayaan Imlek Berbagai Negara di Asia Tenggara Part 1

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image