Menjajal Panjat Tebing di Pantai Siung

Wisata  
Photo: indoloka.com
Photo: indoloka.com

Yogyakarta tidak pernah kehilangan pesonanya. Bukan hanya Borobudur, Malioboro dan daerah hits lainnya yang dapat sobat Ramenten kunjungi, tetapi Yogyakarta juga memiliki banyak pantai indah yang mengelilinginya.

Salah satunya, adalah Pantai Siung. Letaknya berada di Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, 100 km dari pusat kota Yogyakarta. Selain bisa bersantai sambil berjalan menyusuri hamparan pasir putih yang menawan, Pantai Siung juga menawarkan tempat panjat tebing yang menantang.

Terdapat sekitar 250 jalur untuk pemanjatan dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Pantai Siung disebut sebagai the best rock climbing site di Yogyakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banyak pemanjat dari dalam dan luar negeri yang mencoba menaklukan tebing Pantai Siung, terutama pada saat musim liburan dan akhir pekan. Beberapa komunitas pencinta alam dari berbagai kampus pun sering mengunjungi tempat ini untuk latihan atau diklat.

Karang gigi kera di Pantai Siung (Photo: deviantart.com)
Karang gigi kera di Pantai Siung (Photo: deviantart.com)

Begitu sampai di pantai, wisatawan akan disambut oleh batu karang berukuran raksasa di sisi timur dan barat bibir pantai. Menurut sesepuh Pantai Siung bernama Wastoyo, batu karang tersebut bentuknya menyerupai gigi kera atau Siung Wanara dalam bahasa Jawa. Karena bentuk batu tersebutlah mengapa pantai ini disebut dengan Pantai Siung.

Bagi yang tidak menggemari olahraga panjat tebing, Pantai Siung tetap menarik untuk dikunjungi. Di bukit sebelah timur terdapat banyak tanaman pandan laut, dan jika berutung Anda dapat melihat segerombolan kera ekor panjang turun dari puncak tebing menuju pantai dimalam hari.

Pemandangan Pantai Siung dari atas (Foto: agiewidyanto.blogspot.co.id)
Pemandangan Pantai Siung dari atas (Foto: agiewidyanto.blogspot.co.id)

Perjalanan menuju Pantai Siung memakan waktu sekitar 2 jam menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi dari kota Yogyakarta. Jalur Yogyakarta – Wonosari – Baron – Tepus adalah jalur yang paling mudah diakses karena jalannya telah diaspal mulus sempurna.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Berita Terkait

Image

Pulau Merah, Surga Para Surfer di Ujung Timur Jawa

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image