Pulau Merah, Surga Para Surfer di Ujung Timur Jawa

Wisata  
Photo: traveldudes.org

Pantai Pulau Merah namanya, menawarkan pengalaman berselancar yang tidak kalah menarik dengan Pantai Kuta di Bali. Ombak di pantai ini dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Jawa Timur bahkan di Indonesia.

Ombak di Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 5 meter dengan panjang mencapai 400 meter, ideal untuk peselancar yang ingin mencoba teknik tabung. Sensasi ombak laut yang tinggi dapat ditemui pada medio April – Mei hingga September – Desember.

Berselancar di Pantai Pulau Merah (Foto: g4upw1ma.blogspot.com)

Bukan hanya ramah pada peselancar amatir, Pantai Pulau Merah juga dikenal ramah untuk para peselancar pemula karena banyak pemandu yang siap membantu wisatawan untuk belajar berselancar sekaligus menyewakan alatnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah lelah berselancar sepanjang hari, wisatawan juga dapat melihat keindahan pemandangan matahari tenggelam khas Pantai di sore hari.

Berbeda dengan namanya, pasir di pantai ini sama sekali tidak berwarna merah, melainkan berwarnah putih kecoklatan. Terdapat bukit kecil yang tanahnya berwarna merah saat kemarau tiba, sebab itulah pantai ini dinamakan pantai Pulau Merah.

Bukit kecil tersebut berjarak 100 meter dari bibir pantai yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Ketika air laut sedang surut, wisatawan dapat menaiki bukit tersebut. Terdapat juga batuan karang yang berada di sekitar bukit kecil ini.

Bukit kecil pantai pulau merah (Foto: akolodnerphotography.com)

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Lokasi Pantai ini dapat dicapai menggunakan angkutan umum dari Terminal Brawijaya, Banyuwangi. Dari terminal Brawijaya, Anda bisa naik bus Minto atau Ujang Jaya arah ke Pesanggaran, lalu turun di pasar (Pesanggaran). Dari sini dilanjutkan dengan menyewa motor ojek menuju pantai.

Jika menggunakan kendaran pribadi, Anda bisa mengambil rute Banyuwangi – Rogojampi sampai menjumpai lampu merah Jajag, di mana terdapat patung macan putih di tengahnya. Dari lampu merah Jajag, terus belok ke arah selatan dan mengikuti rambu-rambu penunjuk arah Pesanggaran-Pulau Merah.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Berita Terkait

Image

Menjajal Panjat Tebing di Pantai Siung

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image