Trading dengan bijaksana: panduan Octa untuk gaya trading di tahun 2024

Gaya Hidup  
ilustrasi chart trading, Sumber: OCTA Istimewa
ilustrasi chart trading, Sumber: OCTA Istimewa

Jakarta, Senin (15/04/2024), -- Sistem trading, yang juga disebut strategi trading, adalah serangkaian aturan mengenai cara mengelola order trading dan menerapkan teknik mitigasi risiko untuk mencapai hasil finansial yang positif. Semua strategi dapat dikategorikan menjadi empat gaya trading: day trading, swing trading, scalping, dan position trading.

Peluang Anda untuk mencapai keuntungan yang konsisten akan makin besar dengan memilih gaya trading yang disesuaikan dengan temperamen, modal awal, dan tujuan finansial Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengambil pendekatan yang proaktif untuk mengelola kekayaan, juga menjadi lebih analitis dan tidak lagi dipengaruhi emosi saat trading, yang pada akhirnya akan membawa hasil yang lebih baik.

Langkah lain yang tak kalah penting untuk menunjang keberhasilan trading adalah memilih broker finansial tepercaya dengan keahlian yang ekstensif dan jangkauan global seperti Octa. Sebagai platform investasi yang diakui secara internasional, Octa menyediakan akun demo tanpa batas kepada semua pengguna, yang dapat Anda manfaatkan untuk mengasah keahlian trading dalam kondisi real tanpa risiko kehilangan modal.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini adalah empat gaya trading yang digunakan oleh jutaan trader di seluruh dunia.

1. Day trading

Day trading adalah bentuk trading yang beritme cepat, di sini trader membeli dan menjual instrumen finansial dalam satu hari trading. Jika ingin terlibat dalam day trading, Anda harus fokus pada aset-aset dengan likuiditas tinggi, menerapkan teknik manajemen risiko dengan konsisten, dan menggunakan tool seperti order Stop Loss.

Elemen inti:

● Memprioritaskan instrumen dengan likuiditas tinggi untuk memastikan eksekusi order yang cepat

● Menggunakan analisis teknis (mengidentifikasi pola trading yang menjanjikan berdasarkan riwayat trend) untuk mengidentifikasi titik entry dan exit

● Memastikan manajemen risiko yang efektif dengan mengatur order Stop Loss.

2. Swing trading

Swing trading adalah strategi yang menahan instrumen selama satu hari hingga beberapa bulan untuk menghasilkan profit dari perubahan harga jangka panjang. Sistem ini didasarkan pada identifikasi trend yang lebih luas dan penentuannya menggunakan berbagai pendekatan, termasuk analisis matematika. Keunggulan pentingnya adalah, strategi ini tidak memerlukan waktu yang presisi untuk menghasilkan profit karena perubahan harga yang lebih luas memungkinkan lebih banyak kelonggaran. Di sisi lain, diperlukan waktu yang lebih lama untuk mengambil keuntungan, jadi tergantung pada Anda untuk memilih kerangka waktu yang sesuai dengan tujuan.

Elemen inti:

● Mengidentifikasi trend dan menggunakan analisis teknis untuk menentukan titik entry dan exit

● Menetapkan target profit dan level Stop Loss

● Tetap tenang saat terjadi fluktuasi harga dalam semalam

● Menyesuaikan strategi dengan kondisi pasar yang berubah.

3. Scalping

Scalping menggunakan berbagai strategi jangka pendek untuk menghasilkan profit dari pergerakan harga yang kecil. Kerangka waktu dalam metode ini bervariasi, mulai dari beberapa menit hingga beberapa detik. Scalper mengeksekusi order dengan sangat cepat dan fokus pada instrumen yang memiliki spread rendah. Dalam lingkungan trading yang sangat dinamis ini, penerapan indikator teknis untuk analisis jangka pendek dan disiplin diri yang ketat sangat penting.

Elemen inti:

● Menggunakan kerangka waktu pendek dan platform eksekusi order cepat

● Memprioritaskan spread dan biaya rendah untuk meminimalkan biaya

● Menggunakan indikator teknis seperti moving average untuk analisis jangka pendek

● Mempertahankan disiplin diri yang tinggi dan praktik manajemen risiko yang kuat.

4. Position trading

Position trading adalah strategi jangka panjang di mana trader mempertahankan posisi selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Pendekatan ini melibatkan analisis fundamental dan berbagai faktor, termasuk tingkat suku bunga dan peristiwa geopolitik.

Elemen inti:

● Melakukan analisis fundamental yang mendalam untuk setiap aset

● Mempertimbangkan faktor-faktor seperti suku bunga, peristiwa geopolitik, dan siklus perekonomian sebelum menerapkan strategi

● Memantau faktor-faktor fundamental dan menyesuaikan posisi.

Kesimpulan

Dalam jangka panjang, kesuksesan konsisten dalam trading hanya dapat terwujud dengan strategi yang sesuai untuk Anda dalam hal kerangka waktu, toleransi terhadap risiko, dan pilihan instrumen trading. Dengan demikian, tidak ada sistem, walaupun canggih dan sudah teruji, yang dapat menjamin kesuksesan, selain pentingnya beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar.

Octa adalah broker internasional yang menyediakan layanan trading online di seluruh dunia sejak tahun 2011. Octa menawarkan akses bebas komisi ke pasar keuangan dan berbagai layanan yang telah digunakan para klien dari 180 negara dengan lebih dari 42 juta akun trading. Webinar edukasi, artikel, dan tool analisis gratis yang disediakan membantu klien mencapai tujuan investasi.

Perusahaan ini terlibat dalam jaringan amal dan kegiatan kemanusiaan yang komprehensif, termasuk peningkatan infrastruktur pendidikan dan bantuan darurat yang mendukung masyarakat setempat.

Octa juga telah memenangkan lebih dari 70 penghargaan sejak didirikan, termasuk penghargaan 'Broker Edukasional Terbaik 2023' dari Global Forex Awards dan penghargaan 'Broker Global Terbaik Asia 2022' dari International Business Magazine.

--W.K Laga--

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image