Yuk, Kenali Pinjaman Modal Usaha dan Manfaatnya

Gaya Hidup  
Image by Nattanan Kanchanaprat from <a href=Pixabay" />
Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay

Dalam dunia usaha tentunya tak bisa lepas dari hutang piutag. Apalagi jika ingin mengembangkan usaha, tentunya membutuhkan tambahan modal untuk menunjang ekspansi bisnis atau sekedar untuk meningkatkan operasional usaha yang telah dirintis.

Sehingga tak sedikit dari pelaku usaha, terutama UMKM yang membutuhkan modal usaha atau lebih sering dikenal dengan istilah pinjaman modal usaha, lantas seperti apa sih pinjaman ini? Berikut beberapa penjelasan yang bisa menjadi pengetahuan kamu.

Apa itu Pinjaman Modal Usaha?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu modal usaha. Pengertian modal usaha adalah kumpulan aset usaha yang nantinya dapat kamu gunakan untuk menjalankan bisnis.

Selanjutnya, kamu dapat membagi modal usaha berdasarkan sumbernya menjadi 2 jenis yaitu:

1. Modal Internal

Modal internal berasal dari pendapatan usaha sendiri. Dalam artian, semua pendapatan dan aset yang ada dalam perusahaan dapat terhitung sebagai modal internal.

2. Modal Eksternal

Persis seperti namanya, modal jenis ini berasal dari luar bisnis atau usaha. Biasanya, modal eksternal dapat berasal dari pinjaman dari bank maupun penanaman modal yang berasal dari pemegang saham. Pada dasarnya, sebuah usaha akan memilih menggunakan pinjaman modal usaha saat terbatasi oleh modal internal yang sedikit.

Apa itu pinjaman usaha ?

Pinjaman adalah salah satu dana yang dipinjam untuk tujuan bisnis. Modal utang sendiri merupakan istilah yang mirip dalam dunia usaha patungan. Dalam dunia koperasi, pinjaman merupakan dana modal yang berasal dari berbagai sumber seperti bank, lembaga keuangan, anggota dan lain-lain.

Jangka waktu opsi yang ditawarkan terbagi dalam tiga kategori yaitu 1 tahun, 10 tahun dan lebih dari 10 tahun. Dalam perusahaan sosial, tujuan memiliki pinjaman adalah untuk membantu orang memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Apa manfaat pinjaman modal usaha?

Pinjaman modal usaha memiliki banyak keuntungan. Ada banyak pengusaha yang usahanya berkembang dan membutuhkan pinjaman modal. Pengusaha memiliki modal untuk melakukan perubahan guna meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang baik bagi pelanggan.

Berikut beberapa manfaat dari pinjaman modal usaha:

1. Operasional bisnis berjalan lancar

Tahukah kamu bahwa kegiatan usaha bisa terhambat karena kekurangan modal. Kekurangan modal untuk operasional dapat membuat atau menghancurkan berbagai aspek operasi bisnis. Modal yang terbatas memperlambat proses produksi dan penjualan.

Pada akhirnya, perusahaan akan kolaps jika situasi ini berlangsung lama. Namun dengan datangnya modal lain, semua proyek yang dikerjakan bisa sukses. Proses produksi berlanjut seperti sebelumnya dan mungkin meningkat.

2. Produktivitas meningkat

Adanya dana lain dapat meningkatkan produktivitas produksi. Jika awal proses produksi berada di tengah-tengah yaitu normal, maka dana lain dapat meningkatkan produksi ke tingkat yang lebih tinggi. Jika volume produksi awal hanya menghasilkan 30 item, jumlahnya dapat meningkat menjadi 50 atau 60 item.

3. Mengembangkan bisnis

Pengusaha kerap kali tidak bisa bertahan karena kekurangan modal usaha. Pinjaman adalah "pilar dan panggung" yang memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan jumlah produk untuk meningkatkan penjualan.

Pengusaha juga bisa melakukan ekspansi dengan membuka cabang di lokasi-lokasi penting. Modal pinjaman memungkinkan perusahaan untuk berinovasi dengan menambahkan produk baru untuk menarik pelanggan.

Semakin banyak produk yang kamu tawarkan, semakin banyak pelanggan yang dapat kamu jangkau. Jika perusahaan kamu terkenal dengan kualitasnya, pelanggan tidak akan ragu untuk mencoba berbagai model yang ditawarkan.

Image by Bruno from <a href=Pixabay" />
Image by Bruno from Pixabay

4. Arus kas lancar

Sistem keuangan juga bisa runtuh karena kekurangan dana. Setiap bulan, pengusaha harus membayar biaya operasional yang diperlukan. Bayangkan jika pengeluaran ini dibayarkan setiap bulan tetapi dengan modal yang semakin menipis.

Bisnis yang diatur akan menjadi tidak stabil. Inilah mengapa modal pinjaman merupakan bagian penting yang sangat penting untuk sistem keuangan yang sehat kembali.

5. Pemasaran lebih maksimal

Menambahkan uang juga dapat membuat pemasaran lebih efektif. Uang yang kmu pinjam dapat digunakan untuk membayar layanan, iklan, atau dukungan SEO. Apa saja jenis pinjaman keuangan?

Ada banyak jenis pinjaman ekuitas rumah yang bisa kamu ambil. Sebelum kamu memutuskan akan menggunakan yang mana, ada baiknya membandingkan berbagai jenis pinjaman.

Berikut adalah beberapa jenis pinjaman ekuitas rumah yang dapat kamu pilih.

1. Pinjaman Tanpa Agunan (KTA)

Kredit tanpa agunan adalah layanan yang ditawarkan oleh bank tanpa meminta jaminan. KTA diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan pinjaman cepat dan mudah. Proses pengajuannya juga lebih mudah dibandingkan kredit asal. Pada umumnya syarat pinjaman adalah KTP, NPWP dan slip gaji.

2. Ventura

Pinjaman modal ventura mengacu pada dana yang diberikan sebagai hasil kontrak dengan berbagai perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Namun perlu diingat bahwa risiko pinjaman keuangan lebih tinggi daripada yang lain.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus memastikan semua perhitungan sudah dilakukan.

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jumlah pinjaman ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Kredit usaha rakyat merupakan salah satu layanan pemerintah kepada pihak yang membutuhkan pembiayaan usaha. Itu hanya diberikan kepada pengusaha di bidang pertanian, perikanan, industri, air dan kehutanan.

4. Kredit multi guna

Kredit multiguna hampir sama dengan pinjaman dengan jaminan, yaitu memerlukan persetujuan. Kamu dapat mengajukan kredit ini ke bank dengan memberikan jaminan. Uniknya, uang yang kamu dapatkan tidak berdasarkan permintaan, melainkan nilai jaminan kamu.

5. Pinjaman dari koperasi

Pinjaman dari koperasi diberikan oleh kelompok non-keanggotaan. Namun, harus ada beberapa syarat penting, yaitu kamu harus penuhi salah satunya adalah menjadi anggota koperasi tersebut. selain itu, kamu juga harus memberikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman.

Sekarang ini banyak koperasi simpan pinjam yang ada ditengah masyarakat, tetapi sebaiknya kamu harus tetap waspada sebelum mengajukan pinjaman modal usaha melalui koperasi, karena itu kamu harus tetap mengecek legalitas dari koperasi simpan pinjam tersebut.

Jika koperasi tersebut terdaftar dalam badan Otoritas Jasa Keuangan maka kamu aman untuk mengajukan pinjaman. Karena jaminan yang kamu titipkan akan terjaga dan mendapatkan garansi dari pemerintah jika mengalami masalah keuangan.

6.Pinjaman online

Sekarang ini perkembanga teknologi yang semakin maju membuat perusahaan pembiayaan memasarkan produknya melalui dunia maya. Sehingga masyarakat kini akrab dengan istilah pinjol atau pinjaman online.

Fintech (financial technology) kamu bisa mengajukan pinjaman keuangan melalui fintech bisa diproses dengan cepat dan mudah, dengan jumlah uang yang tidak terlalu besar dan dalam jangka waktu yag pendek.

Pinjaman tanpa agunan sekarang bisa kamu dapatkan melalui bank digital yang sekarang ini semakin banyak tumbuh. Pada perusahaan fintech ini biasanya mereka menawarkan bunga yang bersaing, seperti pinjaman bunga rendah dari Tunaiku.

Meski demikian, kredit tanpa agunan ini biasanya hanya bersifat jangka pendek dan tidak memberikan pinjaman dalam jangka waktu tahunan. Karena besarnya resiko yang mereka tanggung, sehingga mereka hanya menerapkan untuk jangka waktu harian.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image