5 Ide Masakan Serba Kukus yang Enak dan Mudah

Tips  
Minyak goreng mahal, ada alternatif memasak tanpa minyak yang sehat dan enak. Republika/Prayogi
Minyak goreng mahal, ada alternatif memasak tanpa minyak yang sehat dan enak. Republika/Prayogi

Ramenten, Jakarta- Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri menyindir emak-emak yang rela antre dan berebutan minyak goreng. Putri dari Presiden Soekarno itu juga bertanya, apakah emak-emak masak gorengan setiap hari? Padahal ada alternatif lain memasak selain digoreng, tambahnya.

Konco Ramenten, daripada beli minyak goreng mahal, lebih baik kita beralih ke menu yang dimasak tanpa minyak. Sekaligus sehat dan bisa hemat. Tentunya makin disayang suami. Apa saja menunya? Simak yaa!

Gado-gado / Karedok

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Foto: wikimedia
Foto: wikimedia

Makanan khas Betawi ini sangat mudah dibuat. Kukus bahan-bahan seperti jagung, tempe, lobak pare, labu, daun kangkung. Siapkan kacang tanah, ulek hingga halus dicampur dengan sedikit air, gula merah, cabai merah, dan sedikit jeruk limo agar segar. Untuk karedok lebih simpel lagi, tanpa direbus cukup dicuci bersih dan potong-potong hingga kecil. Sajikan bersama saus kacang yang sudah kita buat tadi.

Pepes tahu atau jamur

Dok Republika
Dok Republika

Membuat pepes tahu atau jamur juga tidak memerlukan minyak goreng. Cukup bungkus dengan daun pisang, bakar di atas api sedang, dan masak hingga matang. Jangan lupa pakai kemangi biar wanginya semerbak ya!

Semur Jengkol

Foto: Honesty Rasyid
Foto: Honesty Rasyid

Bagi yang tidak suka jengkol, bisa diganti dengan kentang atau daging ya. Atau karena daging mahal, kita ganti saja dengan telur yang sudah direbus.

Bandeng kukus kemangi

Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar

Siapa bilang ikan cuma bisa digoreng, ikan bandeng kukus rasanya tak kalah nikmat. Cara buatnya siapkan ikan bandeng yang sudah dibersihkan. Lumuri ikan dengan campuran air, air asam jawa, dan tepung serba guna. Diamkan selama 20 menit.

Lalu letakkan di piring, taburi dengan irisan bawang merah, cabai merah besar, tomat, dan kemangi. Kukus selama 20 menit dengan api kecil hingga matang.

Botok tahu / tempe

Foto: Retizen Republika
Foto: Retizen Republika

Resep satu ini bisa dibikin hanya 30 menit. Siapkan kelapa parut, tempe, bersama bumbu yang telah dihaluskan. Kemudian campur hingga merata. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan. Adonan botok tadi kita letakkan kira-kira dua sendok makan, lalu bungkus, dan sematkan lidi. Kukus hingga matang kurang lebih setengah jam, lalu angkat dan hidangkan.

Itulah tadi beberapa masakan yang bisa dimasak tanpa minyak goreng. Apakah konco punya resep lain? Tulis di kolom komentar ya!

Sing nulis Mbak Dian

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image