Punya Utang Puasa tapi Lupa Jumlahnya? Begini Cara Melunasinya

Agama  
Mencatat utang puasa sangat penting agar kita dapat mengingatnya. Namun bagaimana jika lupa jumlah utang puasa? Bagaimana cara membayarnya? Foto: Republika
Mencatat utang puasa sangat penting agar kita dapat mengingatnya. Namun bagaimana jika lupa jumlah utang puasa? Bagaimana cara membayarnya? Foto: Republika

Ramenten, Jakarta - Konsultasi Puasa oleh Amalia Latifah, (Alumni LIPIA Jakarta 2018)

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb.
Saya ingin bertanya mengenai utang puasa. Bagaimana jika ada orang yang punya utang puasa tapi dia tidak mencatatnya, sehingga dia tidak ingat utang puasanya ada berapa? Atau mungkin dahulu dia bukan muslim yang taat beribadah, setelah dia hijrah, dia mulai rajin ibadahnya, shalat lima waktu juga puasa Ramadhan. Bagaimana cara membayar utang puasa yang bertahun-tahun dia tidak tunaikan dan dia tidak mampu mengingatnya?
Jazakillah khair ????

Dian-Jakarta
------

Jawaban:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wa'alaikumsalam ka Dian.
Semaksimal mungkin ia ingat-ingat kak, jika dia tidak bisa mengingat juga, maka bisa dibayar dengan puasa sunnah senin kamis atau puasa Daud, dengan niat puasa qadha. Sampai kapan? Sampai dia merasa yakin sudah selesai qadhanya.

Kesimpulan:

Utang puasa adalah utang personal yang wajib dibayar, tidak bisa digantikan dengan orang lain. Terkecuali ada udzur syar'i yang tidak bisa dilakukan semisal sakit keras yang tidak kunjung sembuh. Diluar itu bagi yang memiliki kemampuan meng-qadha walaupun amat banyak hingga tidak mampu mengingatnya, cara melunasinya adalah dengan rajin berpuasa senin kamis, puasa Daud, ataupun puasa Ayyamul Bidh setiap bulannya untuk mengganti utang-utang puasanya terdahulu. Wallahualam Bissawab.



Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image