Salah Kaprah Buah sebagai Makanan Pencuci Mulut

Gaya Hidup  
Banyak orang yang salah kaprah memakan buah sebagai makanan pencuci mulut. Justru buah baik dimakan sebelum memakan makanan berat. Foto: Republika/Prayogi
Banyak orang yang salah kaprah memakan buah sebagai makanan pencuci mulut. Justru buah baik dimakan sebelum memakan makanan berat. Foto: Republika/Prayogi

Ramenten, Jakarta - Mendengar kata makanan pencuci mulut, otak kita langsung memikirkan aneka buah potong seperti semangka atau pisang. Padahal, pencuci mulut yang benar adalah dengan air, bukan buah. Dalam buku Jurus Sehat Rasulullah karangan dr Zaidul Akbar, Alquran memberikan kita petunjuk bahwa buah dimakan terlebih dulu sebelum makanan berat. Berikut buktinya:

“Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih. Dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. " (QS: Al-Waqi’ah ayat 20-21)

"Dan Kami berikan kepada mereka tambahan berupa buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini." (QS At Thur:22)

Dalam firman Allah tersebut, Allah menyebutkan buah terlebih dahulu baru yang lainnya. Dr Zaidul Akbar mengungkap alasannya karena gula buah yang ada pada buah-buahan cepat terserap. Hal itu menyebabkan perncernaan lebih skap mencerna makanan setelahnya. Ketimbang kita memakan buah di akhir sebagai penutup atau pencuci mulut.

Jadi, mulai hari ini ubahlah kebiasaan kita memakan buah setelah makan besar. Konsumsi buah terlebih dulu sebelum makan yang lain, dan tunggu kira-kira lima belas menit untuk makan makanan berat seperti nasi.
Sing nulis Mbak Dian

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image