Heboh Video Celup Bakso, Ini Penjelasannya Secara Medis

Video Viral  
Video seorang wanita makan bakso yang mencelupkan baksonya langsung dari mangkok sambal, menuai protes netizen. Foto: Tangkapan layar tiktok dari akun @NovarfiA
Video seorang wanita makan bakso yang mencelupkan baksonya langsung dari mangkok sambal, menuai protes netizen. Foto: Tangkapan layar tiktok dari akun @NovarfiA

Bebarapa pekan lalu, warganet dikejutkan dengan video berdurasi beberapa detik di TikTok. Dalam video, terdapat seorang wanita yang tengah asik mencelupkan langsung bakso yang sedang di makannya, ke dalam wadah sambal yang biasanya digunakan juga oleh pengunjung lainnya.

Video tersebut diupload oleh akun suciastt_, dan kemudian di-stich oleh beberapa pengguna TikTok lainnya. Namun, setelah Ramenten telusuri, video tersebut sudah dihapus oleh pemiliknya, dan akun berganti nama menjadi myaccun1.

Aksi yang dilakukan oleh wanita di dalam video mendapatkan berbagai kecaman dari netizen, karena dianggap kurang beretika, dan termasuk perilaku yang kurang sehat serta jorok. Apalagi saat ini, di Indonesia sendiri, pandemi yang disebabkan oleh virus COVID-19 belumlah usai.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

dr. Gita, dari Ichsan Medical Centre Hospital Bintaro yang dihubungi oleh Ramenten mengatakan, dari pandangan medis, perilaku yang dilakukan oleh perempuan dalam video tersebut bisa saja menularkan penyakit kepada pengunjung lainnya.

Secara umum, penularan dapat terjadi melalui makanan yang tercemar, air (air mentah, sampai air liur alias droplet) ataupun dari orang yg sedang terinfeksi penyakit.

Penyakit yang bisa ditularkan pun beragam. Misalnya, typhoid (tipes), hepatitis A, influenza, dan saat ini yang paling ditakuti adalah virus COVID-19.

Tentunya, untuk seberapa berat penyakit yang dapat ditularkan, tergantung dari sistem imunitas dan ada tidaknya faktor komorbid yang ada pada masing-masing orang.

dr. Gita berpesan untuk menghindari jajan sembarangan dalam kondisi pandemi. Jika Konco memang senang jajan di luar, pastikan rumah makan yang Konco tuju memiliki pelayanan yang bersih dan higienis.

Pilihlah makanan yang tidak digunakan untuk bersama guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Jika bisa, mintalah porsi baru yang khusus untuk pesanan kita saja. Dan yang terakhir, sebaiknya membawa alat-alat makan kita sendiri untuk menjaga agar risiko tertular penyakit semakin kecil.

Semoga arikel di atas dapat menjawab kekhawatiran Konco Ramenten sekalian ya!!

Sing nulis: Mbak Asty Sopian

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image