Bakpia Jogokariyan, Oleh-oleh Istimewa dari Jogjakarta

Kuliner  
Salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta adalah bakpia. Foto: Bakpia Jogokariyan
Salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta adalah bakpia. Foto: Bakpia Jogokariyan

Ramenten, Yogyakarta - Konco Ramenten penikmat Bakpia? Bakpia adalah satu oleh-oleh khas Djogja yang banyak diminati baik warga lokal maupun dari daerah lain.

Ada beragam jenis bakpia yang bisa kamu temukan di Daerah Istimewa ini, mulai dari bakpia kering, basah, hingga kukus. Semua tergantung selera masing-masing, kalau Ramenten sendiri lebih suka yang basah. Ada satu bakpia yang mau Ramenten rekomendasikan.

Jika Konco Ramenten berkunjung ke Masjid Jogokariyan, di Mantrijeron, Yogyakarta, mesti coba Bakpia Jogokariyan. Bakpia ini selalu diminati oleh wisatawan lokal yang berkunjung ke Masjid Jogokariyan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Letaknya tidak jauh dari Masjid. Kamu bisa berjalan kaki kurang lebih 500 meter ke arah jalan keluar Jl. Jogokariyan, dan menemukan rumah sederhana dengan plang Bakpia Jogokariyan.

Awal mula ide bisnis Bakpia Jogokariyan tercipta pada awal tahun 2020, tujuan utamanya dari keinginan mengenalkan ke masyarakat bakpia yang punya ciri khas sendiri sebagai oleh-oleh khas Jogja, bersamaan dengan wilayah Jogokariyan yang saat ini menjadi tujuan wisata religi dari berbagai daerah. Sehingga terciptalah Bakpia Jogokariyan sebagai oleh-oleh istimewa Jogokariyan.

Bakpia buatan rumahan ini ternyata banyak peminatnya, dan memiliki pelanggan setia terutama dari Pulau Jawa sehingga masih eksis hingga sekarang.

Bakpia Jogokariyan yang di jual berjenis bakpia basah. Bedanya dengan bakpia merek lain, bakpia ini tidak diproduksi masal, home made atau made by order. Tidak memakai pengawet, dan bisa bertahan hingga 4 hari.

Bakpia ini diklaim memiliki citarasa khas yang berbeda, karena dibuat secara tradisional. Berbahan dasar kacang hijau (bukan tepung). Tekstur isian yang lembut dan langsung lumer di mulut. Sedangkan kulit luar relatif lebih tipis dibandingkan dengan bakpia yang lain. Sangat pas disandingkan dengan teh hangat.

Bakpia Jogokarian dijual mulai harga Rp30.000, tergantung isi bakpia. Ada yang isinya Original (kacang hijau), Kumbu Hitam, Keju, Coklat, Strawberry, Durian, dan Greentea.

Menurut penjual Bakpia ini, yang paling banyak diminati rasa kacang hijau & kumbu hitam. Ramenten sudah coba kedua rasa itu. Dan memang rasanya enak dan cocok untuk oleh-oleh dari Yogyakarta. Jika konco Ramenten penasaran dengan Bakpia Jogokariyan, silakan mampir dan bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Sing nulis, Mbak Dian Alfiah dan Mbak Asti

Berita Terkait

Image

Nasi Goreng Tahajud Jogokariyan. Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image