Tips: Self Healing Mudah dan Tak Perlu Banyak Mengeluarkan Biaya

Tips  
Foto: Republika
Foto: Republika

RAMENTEN – Pandemi COVID-19 yang telah berjalan selama dua tahun selain menghasilkan kenormalan baru tetapi juga memiliki dampak bagi tidak sedikit orang khususnya kaum hawa. Pengalaman seluruh keluarga berkumpul setiap hari di rumah serta melakukan berbagai kegiatan dari rumah, baik bekerja maupun sekolah memberikan dampak baik positif maupun negatif. Dampak negatifnya antara lain kondisi stres dan depresi yang dialami oleh para ibu.

Mengurus rumah hingga membersamai anak-anak belajar secara online, menjadi ibu sekaligus menjadi guru bagi anak-anak. Kondisi ini sering sekali memicu stres dan depresi bagi seorang ibu. Sedangkan kondisi tersebut apabila diabaikan terlalu lama maka dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan jiwa. Untuk itu, perlu adanya kegiatan yang dapat melepas stres dan depresi yang banyak dialami oleh ibu, istilah saat ini adalah self healing. Agar kesehatan jiwa tetap terjaga keselarasannya dan tidak memengaruhi kesehatan jasmani, yuk intip tips berikut ini:

1. Mewarnai

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Siapa yang tidak suka mewarnai, orang dewasa pun sering membantu anak kecil untuk mewarnai. Menurut penelitian, mewarnai dapat menjadi terapi untuk membuat pikiran fokus, menurunkan tingkat kecemasan, dan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh the University of New South Wales di Australia mengatakan bahwa mewarnai dapat menenangkan pikiran seseorang yang sedang depresi sebab seseorang akan fokus dalam memilih warna dan bentuk yang diinginkan.

2. Mandi hujan

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa mandi hujan dapat menyebabkan penyakit, namun apabila kita melakukannya dengan beberapa trik maka mandi hujan akan membantu menjaga kesehatan jiwa kita. Tetesan air hujan yang mengenai tubuh kita seperti pukulan-pukulan kecil yang dapat mengejutkan sistem syaraf. Sehingga mandi hujan dapat menjadi terapi untuk menenangkan dan melancarkan peredaran darah, tubuh dan pikiran akan merasa lebih tenang. Cobalah sesekali mandi hujan diteras rumah bersama keluarga, ajak suami dan anak-anak. Hal ini akan membantu merekatkan hubungan keluarga. Namun pastikan semua anggota keluarga dalam kondisi sehat.

3. Olahraga

Dengan olahraga yang rutin dapat melatih tubuh untuk dapat merespon stres dengan lebih baik. Saat kita melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif. Selain itu, dengan olahraga sistem pernapasan kita akan bekerja secara maksimal untuk menerima dan mengeluarkan oksigen, sirukulasi darah berjalan dengan baik sehingga oksigen akan mudah diserap oleh jaringan tubuh dan otak. Hal tersebut dapat mengurangi tinggak stres dalam tubuh kita.

4. Menulis

Hobi menulis banyak ditekuni oleh kaum hawa. Dengan menulis, kita dapat mencurahkan seluruh isi hati dan kegundahan yang sedang dirasakan. Sehingga beberapa penelitian mengatakan bahwa menulis dapat membantu mengatasi depresi dan menjadi salah satu cara terbaik melepaskan segala unek-unek.

5. Membaca buku

Dengan membaca buku, kita akan mendapatkan pengetahuan selain itu buku dapat memberikan insight berbeda kepada kita. Terbukanya pikiran dan hati melalui membaca akan membantu kita ketika mengalami stres ataupun depresi.

Ternyata mudah ‘kan menjaga kesehatan jiwa? Beberapa tips diatas dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa kita sebelum kita benar-benar merasa stres dan depresi. Jadilah ibu bahagia agar anak-anak kita pun merasakan kebahagiaan dalam setiap kenangan hidupnya.

Sing Nulis: Tania

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image