4 Cara Ampuh Redakan Tantrum Anak

Tips  
www.freepik.com
www.freepik.com

RAMENTEN -- Siang itu tiba-tiba si kecil membuang-buang mainannya. Sesekali ia teriak, tak berapa lama ia pun menangis. Ibu yang sedang memasak di dapur langsung berlari, perasaan emosi sedang benar-benar memuncak saat itu. Tanggung dengan masakan yang belum selesai, tetapi si kecil menangis dengan keras.

Konco Ramenten sering merasakan ini? Pasti kesal, emosi, dan rasanya ingin berteriak juga ya? Sabar ya. Kondisi ini sering terjadi pada anak usia 1 sampai 4 tahun, yaitu tantrum. Menjadi sebuah tantangan bagi ibu ketika anak-anak berlaku demikian. Meskipun sulit, cobalah untuk berdamai dahulu dengan kondisi ini, seperti menarik napas dalam-dalam. Dapat pula meminta bantuan sang ayah bila ia sedang ada di rumah dan tidak sedang sibuk. Nah, apa sih cara ampuh untuk meredakan tantrum pada anak? Ini beberapa tipsnya:

1. Komunikasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berbicara perlahan namun jelas pada anak. Gali perasaan atau emosi anak. Contohnya beberapa pertanyaan diberikut “Adik sedih ya?” “Adik marah?” “Adik kesal?” “Adik mengantuk?” “Adik lapar?”

2. Peluk

Pelukan atau dekapan akan memberi rasa nyaman pada anak. Peluk atau dekap anak dari arah belakang. Tetaplah didekap meski ia masih meronta. Sambil dikomunikasikan dan gali perasaan anak.

3. Sentuh

Sentuhan pun memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Berikan usapan pada dada anak ketika tangisannya mulai mereda. Sentuh dahi anak dengan tangan kanan dan pegang kepala bagian belakang dengan tangan kiri. Sentuhan dapat meredakan emosi anak.

4. Buat permainan

Ketika emosi anak sudah mereda, cobalah sebuah permainan mudah yang mengundang tawa mereka. Hal ini untuk mengalihkan emosinya.

Bersikap tenang dan damai saat anak-anak tantrum memang membutuhkan latihan. Cobalah untuk terus berlatih menghadapi tantrum anak ya. Sebab cara ini pun menjadi sebuah proses penyembuhan pada emosi diri kita sendiri. Jangan menyerah dan teruslah berlatih.

Sing Nulis: Mbak Tania

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image