Ukhti, Perhatikan 4 Hal Ini Dalam Menentukan Pasangan Hidup

Agama  
Foto: Youtube Sakeena journey
Foto: Youtube Sakeena journey

Ramenten, Jakarta - Pernikahan dimaknai sebagai sebuah perjalanan ibadah. Oleh karena itu, menentukan pasangan hidup yang tepat menjadi hal krusial sebelum menuju gerbang pernikahan.

Bersama pasangan yang tepat, kita dapat membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan As-Sunnah.

Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc. dalam Sakeena Journey mengatakan, ada beberapa surah dan ayat yang bisa menjadi panduan untuk menentukan seseorang layak dijadikan pasangan hidup kedepannya. Ini kriterianya:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Saleh Dan Memiliki Ketakwaan Pada Allah

alifmusic.net
alifmusic.net

Kriteria yang pertama untuk menentukan calon suami terdapat dalam Surah An-Nur ayat 32, yang berbunyi:

Foto: quran-id
Foto: quran-id

Sifat atau kriteria saleh yang disebutkan dalam ayat ini berlaku untuk laki-laki, maupun perempuan.

Kesalehan akan menutup kondisi kurang secara materi pada seseorang, sekaligus akan menjadi solusi dalam hal materi.

Pertolongan dari Allah untuk orang-orang yang bertakwa juga terdapat dalam awal surah At-Talaq ayat 3, dan akhir surah At-Talaq ayat 2.

Dari kedua ayat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa nilai agama seorang laki-laki akan sangat menentukan bagaimana Allah akan melapangkan kehidupan dunia bagi si laki-laki.

Jika lelaki tersebut bukan termasuk orang yang kaya atau mapan, namun dia memiliki kesalehan serta nilai agama yang baik, niscaya Allah akan mendatangkan kecukupan, dan mendatangkan kekayaan dari karunianya. "Itulah yang harus kita yakini," Kata Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc.

Kriteria kesalehan ini dapat di ukur melalui kualitas salatnya, memiliki sikap ringan tangan untuk berbagi, yakin akan hari akhir, dan menjaga kemaluannya kecuali untuk istrinya. Instrumen ini dapat dilihat pada surah Al-Mu'minun ayat 2-9, dan Al-Ma'arij ayat 22-35.

2. Akhlak

Kriteria akhlak secara spesifik disebutkan dalam surah An-Nissa ayat 19, yang berbunyi:

Foto: quran-id
Foto: quran-id

Ayat ini menginsyaratkan pada dua hal, yaitu akhlak dan ilmu. Calon suami yang baik itu, adalah calon suami yang bisa mempergauli istrinya dengan cara yang baik (ma'ruf).

Ada beberapa ulama yang menuliskan mengenai hal ini. Salah satu cerminan akhlak yang mulia, dapat dilihat dari dua hal. Yang pertama yaitu tidak terlalu kritis melihat kelalaian atau kekeliruan istri. Yang kedua, laki-laki tersebut mulia. Mulia dalam membimbing istri, mulia dalam ucapannya, dan tidak terlalu mempermasalahkan hal-hal kecil.

3. Punya Kepemimpinan

Kriteria suami yang baik selanjutnya ada dalam surah An-Nisa ayat 34, yang berbunyi:

Foto: quran-id
Foto: quran-id

Maksud dalam ayat ini adalah laki-laki yang memiliki jiwa kepemimpinan. Laki-laki harus memiliki tampuk kepemimpinan terutama pada hal-hal yang prinsip, seperti pendidikan, keputusan-keputusan menyangkut arah bahtera rumah tangga yang ingin dibangun bersama.

Kepemimpinan laki-laki dapat dilihat dari dua hal, yaitu karena anugerah dari Allah, dan infak kewajiban nafkah yang mereka berikan kepada istrinya sendiri.

4. Berilmu Agama

Foto: Republika/ Rakhmawati La'lang
Foto: Republika/ Rakhmawati La'lang

Ilmu adalah dasar dari ketiga kriteria yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan ilmu tersebut, kita akan dibimbing menuju jalan Allah. Jika laki-laki tersebut ilmunya belum mumpuni, namun memiliki komitmen untuk terus belajar bersama dalam jalan Allah, laki-laki tersebut tetap layak untuk dijadikan seorang suami. Hal terpenting adalah komitmen dari laki-laki untuk terus belajar agar dapat membimbing kita menuju surganya Allah.

Semoga kriteria di atas dapat menjadi tuntunan bagi kita untuk menemukan pasangan hidup yang tepat :)

Sing nulis: Mbak Asty Sopian

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image