Bocor Halus di Pengeluaran Bulanan

Tips  
Foto: Mahmud Muhyidin
Foto: Mahmud Muhyidin

Ramenten, Jakarta -- Konco ramenten sering merasa di pertengahan bulan keuangan mulai menipis? Padahal tidak ada barang yang cukup besar yang dibeli sehingga tidak terlihat jejak pengeluaran itu. Hal ini yang membuat konco ramenten merasa boros dan besaran gaji terasa tidak mencukupi. Yuk kita identifikasi apa yang membuat hal tersebut terjadi.

Pertama, cari tahu dulu apa kesukaanmu dan keluarga. Kebanyakan bocor halus pada pengeluaran adalah karena keinginan jajan. Bahkan saat ini berbagai macam jajanan sangat mudah didapatkan, cukup dengan sekali klik kita dapat menikmati secangkir kopi dingin, camilan pedas, manis, maupun gurih. Kalau kita suka akan sesuatu, maka tidak akan timbul rasa bersalah ketika membelinya. Apalagi dengan iming-iming promo.

Kedua, kalau sudah menemukan kesukaan konco dan keluarga khususnya terkait jajan tadi cobalah konco ramenten buat perhitungan total biaya yang akan dikeluarkan untuk penyebab bocor halus tadi. Jangan malas untuk mencatat ya konco karena dari nominal yang kecil dan penuh dengan promo tadi kalau konco ramenten sering melakukannya maka semakin lama akan semakin banyak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketiga, buatlah budget khusus untuk bocor halus alias jajan tadi. Budget khusus ini untuk memberi batasan berapa nominal yang bisa konco ramenten keluarkan untuk memenuhi keinginan jajan kalian. Hal ini supaya tidak berdampak pada besarnya pengeluaran konco ramenten.

Kuncinya jangan malas mencatat ya konco ramenten. Buatlah budget khusus yang akan konco keluarkan untuk urusan jajan setiap bulannya. Kemudian catatlah pengeluaran konco untuk urusan jajanan itu sehingga konco ramenten tahu apakah masih ada bocor halus dipengeluaran setiap bulannya. Jangan lupa untuk selalu bijak dalam mengeluarkan uang dan lebih banyaklah bersedekah ya konco

Sing Nulis: Mbak Tania

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image