Manfaat Madu yang Jarang Kita Ketahui

Tips  
Madu adalah obat dari segala penyakit. Foto: ANTARA/YUSUF NUGROHO
Madu adalah obat dari segala penyakit. Foto: ANTARA/YUSUF NUGROHO

Ramenten, Jakarta- Madu selain rasanya manis juga terkandung khasiat di dalamnya. Madu sebagai obat pun sudah tersurat dalam surat An Nahl. Ada banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan madu. Dalam buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr Zaidul Akbar menyebutkan berbagai khasiat madu untuk pengobatan, di antaranya:

Anemia dan infeksi riket pada bayi menyusui

Penyakit riket umumnya menyerang anak berusia enam hingga delapan belas bulan. Penyakit ini dapat diobati dengan cara diberi satu sendok makan madu setiap hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mengompol

Kasur basah dan bau pesing di pagi hari pasti jadi tugas yang melelahkan untuk ibu. Anak-anak yang sering mengompol dapat diobati dengan diberi satu sendok teh madu yang dilarutkan dalam air hangat setiap menjelang tidur. Semoga bisa membantu ya mom.

Luka yang terinfeksi

Ketika terjatuh, jaringan kulit menjadi terbuka. Selain iodin, luka infeksi dapat diobati dengan madu. Caranya oleskan madu pada luka yang sudah dibersihkan lalu ditutup dengan kasa steril.

Gangguan pencernaan dan ulkus

Dapat diobati dengan diberikan madu sebanyak 1-3 sendok makan yang dicampur dengan air hangat setiap satu jam menjelang makan.

Flu dan infeksi tengorokan

Ketika tubuh sudah mulai menunjukkan gejala flu, jangan buru-buru minum obat. Segera ambil madu untuk mengurangi gejala flu. Caranya, minum laturan madu yang dicampur dengan jahe dan jeruk nipis selagi hangat untuk melegakan tengorokan.

Insomnia

Sulit tidur bisa mengganggu aktivitas di pagi hari. Insomnia dapat diobati dengan minum satu sendok makan madu yang dilarutkan dalam air hangat setiap menjelang tidur.

Pecandu alkohol

Kecanduan alkohol dapat diobati dengan diberi 7 sendok makan madu setiap hari.

Batuk

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu bisa menyembuhkan batuk. Obati batuk dengan konsumsi madu yang dicampur dengan jeruk nipis. Caranya jeruk nipis direbus bersama kulitnya. Setelah kulitnya lunak, diperas. Hasil perasan itu dicampurkan dengan madu. Dosisnya tiga kali dalam sehari.

Sing nulis, Mbak Dian

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image